Sunday, May 29, 2016

Apa itu Lagrage Point?

Lagrange Points



        Lagrange points adalah titik yang terletak di antara dua benda dimana bila diletakkan suatu benda dengan massa yang kecil (jauh lebih kecil dari kedua benda di atas) maka benda kecil tersebut akan tetap stabil dikarenakan gaya gravitasi dari kedua benda yang lebih besar tersebut saling menghilangkan. Lagrange point ini digunakan pada spacecraft untuk keperluan penelitian luar angkasa. Terdapat lima titik lagrange, dan biasa disebut dengan L1, L2, L3, L4, dan L5.

                      
            L1 berada di antara dua massa besar, pada kasus di atas ia terletak di antara matahari dan bumi. Semakin dekat benda dengan matahari, maka semakin cepat ia mengelilingi matahari agar gaya sentripetalnya dapat mengimbanginya. Namun pada L1, sebagian gaya gravitasi matahari diseimbangkan oleh gaya gravitasi oleh bumi, sehingga kecepatan yang diperlukan untuk menghasilkan gaya sentripetal untuk mengimbangi garvitasi matahari tidaklah terlalu besar. Sehingga spacecraft  akan selalu segaris dengan matahari dan bumi. Titik ini biasanya adalah titik yang bagus untuk menempatkan satetelit dengan keperluan mengamati aktivitas matahari dan untuk penempatan Space Solar Power, karena ia selalu terpapar matahari
                 L2 berada di belakang bumi dan segaris dengan bumi dan matahari. Karena L2 selalu tertutup bumi dari matahari, maka titik ini sangat cocok untuk pengamatan alam semesta luar.
            L3 berada di seberang bumi, namun tetap segaris dengan bumi dan matahari. Benda yang diletakkan pada titik ini tidak dapat dilihat dari bumi, sehingga sangat bagus untuk meneliti bagian yang lain dari matahari. 
            Titik L1, L2, dan L3 adalah titik meta-stable, artinya pada titik ini benda rawan bergeser, dan sekali bergeser, ia akan semakin menjauh, ibarat bola yang diletakkan di atas gundukan tanah. Maka satelit yang diletakkan pada titik ini harus melakukan koreksi orbit dengan semburan roket secara berkala untuk mempertahankan posisinya. Titik yang paling stabil adalah L4 dan L5. Titik ini berada pada suatu sudut tertentu dari dua benda yang lebih besar. Pada kasus bumi dan matahari, ia terletak di sudut 60o dari bumi. Titik ini sangat stabil sehingga jika suatu satelit diletakkan pada titik ini, maka sekalipun diganggu dengan suatu gaya hingga ia keluar orbit, lambat laun ia akan kembali kepada posisinya semulua. Karena kestabilan yang tinggi ini, maka banyak sekali asteroid yang berkumpul di titik ini. 


            

No comments:

Post a Comment